Jumat, 22 November 2013

Batasan Terhadap Suatu Bisnis



Pengertian bisnis……
Menurut arti dasarya bisnis memiliki makna sebagai the buying and selling of goods and services. Bisnis adalah pertukaran barang, jasa atau uang yang saling menguntungkan atau memberikan manfaat.(Skinner,1992), Bisnis merupakan suatu kegitan usaha yang dilakukan secara berkelompok, individu atau organisasi dengan cara menjual barang dan jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya untuk memunuhi kebutuhan masyarakat serta  mendapatkan laba (keuntungan) dan bisnis merupakan usaha yang berkaitan erat dengan dunia ekonomi juga politik.

Lingkungan bisnis….
Perkembangan masyarakat sangat dipengaruhi tehadap perkembangan masyarakat, baik lingkungan alam maupun lingkungan social kemasyarakatan. Lingkungan terikat dengan lingkungan khusus (mikro) dan lingkungan umum (makro) yang akan mempengaruhi factor – factor  pengukur usaha anda.
a. Lingkungan makro eksternal
Lingkungan makro tersebut ialah: Demografi (kependudukan)Kondisi ekonomi Teknologi Kekuatan sosial dan budaya Kekuatan politik dan legal. Persaingan.
b. Lingkungan mikro eksternal
lingkungan mikro tersebut ialah: • Pasar (market) • Pemasok Pialang (marketing intermediaries)
Lingkungan intern (memberikan pengaruh langsung terhadap kegiatan bisnis)  : pemerintah, pesaing, konsumen, asosiasi dagang, suplier dan serikat pekerja.
            Lingkungan ekstern (memberikan pengaruh tidak langsung terhadap kegiatan bisnis) : dunia internasional, ekonomi, sosial budaya dan politik.
Factor yang mempengaruhi: Alam, Budaya, Ekonomi, Hubungan Internasional, Pemerintah, Sosisl, Teknologi.

Tujuan…..
Kegiatan suatu bisnis atau perusahaan berusaha untuk mengolah bahan yang dijadikan produk yang dibutuhkan oleh konsumen, produk dapat berupa barang atau jasa.Tujuan perusahaan membuat produk ialah untuk mendapatkan laba, yakni imbalan yang diperoleh oleh perusahaan dari penyediaan suatu produk bagi konsumen dan memuaskan konsumen serta sumber dayanya juga memadai, karena keuntungan perusahaan digunakan untuk mempertahankan hidup perusahaan dan menumbuh kembangkan perusahaan serta merupakan bukti tanggung jawab sosial perusahaan dalam bentuk memberikan lapangan pekerjaan kepada masyarakat. Tujuan bisnis meliputi (Skinner,1992) :
• Profit (keuntungan) • Mempertahankan kelangsungan hidup perusahaan • Pertumbuhan perusahaan • Tanggung jawab social.

System perekonomian……


System perekonomian adalah sekelompok item  yang saling berhubungan dan saling terkait dalam bentuk satu kesatuan terpadu. Jadi dapat di simpulkan system pemasaran adalah kumpulan lembaga- lembaga yang melakukan tugas pemasaran barang, jasa, ide, orang, dan factor- factor lingkungan yang saling memberikan pengaruh dan membentuk serta mempengaruhi hubungan perusahaan dengan pasar lainya. Secara umum ada 4 bentuk sistem perekonomian di dunia, yaitu:



1)Kapitalisme
Seseorang bebas untuk memiliki kekayaan, perusahaan, bersaing secara bebas dalam pasar, dan menentukan miliknya kemudian. Dalam hubungannya dengan pasar, seseorang bebas memilih dan membuat barang dan jasa yang diinginkan.
2)Sosialisme
Seseorang relatif bebas untuk memilih usaha, tetapi pemerintah turut campur tanagn dengan berusaha menyesuaikan kebutuhan individu dengan kebutuhan masyarakat.
3)Fasisme
Seseorang bebas memilih tempat yang diinginkan namun harus atas persetujuan pemerintah.
4)Komunisme
Yang menentukan hak milik seseorang dihapuskan, semua masyarakat adalah karyawan negara. Di sini negara yang menentukan semua perekonomian, kebebasan politik diawasi secara ketat.

Sedangkan menurut (Skinner 1992) sistem ekonomi di dunia pada dasarnya ada 3 tipe.
1. Ekonomi terencana (a planned economy)
Pemerintah dapat menguasai produksi hampir semua barang dan jasa.
2. Kapitalisme murni
Perusahaan swasta dapat menguasai produksi hampir semua barang dan jasa.
3. Ekonomi campuran (a mixed economy)
Sebagian produksi dikuasai oleh pemerintah dan sebagian lagi oleh swasta.

http://majidbsz.wordpress.com/2008/06/30/pengertian-konsep-definisi-pemasaran/