Rabu, 09 Oktober 2013

ETIKA DALAM BISNIS


Istilah Etika berasal dari bahasa Yunani Kuno “ethikos”, yang berarti timbul dari kebiasaan.
Etika bisnis adalah suatu kegiatan bisnis yang berkaitan dengan perusahaan, individual, masyarakat. Dan suatu nilai yang menjadi pedoman dalam mengambil keputusan dan mengoprasikan bisnis yang etik. Etika bisnis merupakan prilaku yang penting diperlukan untuk mencapai kesukses dalam sebuah bisnis. Biasanya dalam berisnis terdapat aturan yang penuh dengan persaingan tentunya, berbeda dengan aturan moral dan aturan sosial yang biasa dilakukan sehari- hari. Namun seorang pembisnis berbeda cerita, seorang pembisnis akan mematuhi aturan etika yang berada diposisi menguntungkan dan untuk kehormatannya. Didalam berbisnis juga tak jarang berlaku konsep dalam tujuan menghalalkan segala cara bahkan tindakan kriminal, maka harus ditekankan lagi etika bisnis. Dikarnakan kurangnya etika, keinginan mendapatkan keuntungan sebanyak mungkin tanpa melihat kerja dengan halal, kurangnya sosial, serta keimanan. Saya akan membahas etika secara profesional pada rekan kerja, sebagi berikut:

Ø Ada beberapa hal yang harus dipahami dalam etika bisnis saat bertemu dengan rekan kerja bisnis:

  •         Sebutkan nama lengkap:
Dalam suatu bisnis, sebelumnya anda menyebutkan nama lengkap pada saat berkenalan, jika terlalu panjang cukup dengan nama panggilan saja secara jelas.

  •         Berdirilah saat berkenalan
Karena akan terlihat sopan dan juga menegaskan kehadiran anda. Serta diikuti dengan senyum, menyatakan bahwa anda ingin bekerjasama dengan rekan kerja anda.

  •         Ucapkan terimakasih
Pada siapapun sebaiknya anda perlu mengucapkan 1 atau 2 kali. Agar anda juga dihomati oleh rkan bisnis. Pada saat selesai berbisnis pada rekan anda biasakan juga megucapkannya. 

  •   Jangan duduk sambil menyilang kaki
Prilaku seperti ini dianggap tidak sopan pada rekan bisnis anda, dan juga tidak baik untuk kesehatan anda.
  •    Tuan rumah yang harus membayar
Jika anda mengundang rekan kerja anda makan diluar ada baiknya anda yang membayarnya, atau jika rekan anda saja yang membayar, bilang saja itu uang perusahaan. Karena untuk menjaga nama baik perusahaan.

  •      Presentasi
Nah, pada saat anda presentasi sebaiknya anda berbicara dengan formal, singkat, jelas, padat dan anda menguasai topik apa yang disampaikan dan  mudah dimengerti oleh rekan kerja anda. Dan anda saat presentasi ada baiknnya ada bercanda tetapi serius, agar rekan kerja anda tidak terlalu jenuh atau membosankan apa yang disampaikan.


Ø Prinsip- prinsip dalam berbisnis juga perlu diterapkan, seperti:

·        Adanya kejujuran satu sama lain
·        Saling mengutungkan dalam berbisnis
·        Integritas moral
·        Otonomi
·        Keadilan pada setiap perusahaan
·        Dan kerja sama yang baik untuk meningkatkan bisnis perusahaan,


sumber:
       http://bisnis.liputan6.com/read/655741/6-etika-bisnis-yang-harus-diketahui-profesional