Pengertian Pasar Jasa yaitu dimana suatu kegiatan untuk bertemunya si penjual jasa dengan
konsumen. Pasar jasa adalah pasar yang menjual produknya dalam bentuk penawaran
jasa atas suatu kemampuan tenaga kerja. Jasa tidak dapat ditentukan dan dilihat secara fisik
karena waktu pada saat dihasilkan bersamaan dengan waktu mengkonsumsinya pun akan berbeda.
Pengertian permasaran dapat dikemukakan menurut pendapat Alex S. Nitisemito (2003:134) berpendapat: “Adanya suatu usaha pemasaran
untuk mempengaruhi konsumen dalam bentuk tulisan, gambar, suara atau kombinasi
dari semuanya itu yang diarahkan pada masyarakat secara luas dan secara tidak
langsung.” Sedangkan menurut Philip Kotler, Gary
Amstrong (2006:147) berpendapat: “Permasaran adalah setiap bentuk penyajian dan promosi
bukan pribadi yang dibayar mengenai gagasan, barang atau jasa oleh sponsor yang
teridentifikas.” Saya akan membahas beberapa point penting saja yang diterpkan
dalam pasar jasa. Contohnya seperti tenaga kerja yang ada di Rumah Sakit yang
menjual jasa kesehatan atau pangkalan Ojek yang menawarkatn jasa transportasi
sepeda motor, dan lain sebagainya.
A. Contoh
pemasaran jasa yaitu:
Pada umunya pasar jasa adalah kebutuhan
kita untuk mengurus atau membantu suatu kepentingan. Contonnya seperti jasa
telekomunikasi, Jasa pendidikan, Jasa perbankkan, Jasa konsultasi, Jasa
pariwiasata, Jasa kurir dsb.
B. Konsep-konsep
Inti Pemasaran jasa:
- Kebutuhan merupakan suatu keadaan yang dirasakanya ketidak puasan tertentu yang bersifat ada, terletak dalam tubuh dan kondisi manusia itu sendiri.
- Keinginan merupakan kehendak yang kuat untuk memuaskan secara spesifik terhadap kebutuhan-kebutuhan yang lebih mendalam untuk konsumen.
- Permintaan merupakan keinginan terhadap jasa tertentu yang didukung oleh suatu kemampuan dan kemauannya .
- Nilai merupakan konsumen terhadap kapasitas produk atu fasillitas secara keseluruhan untuk memuaskan kebutuhannya.
- Konsumen merupakan raja atau yang membutuhkan jasa untuk memenuhi kebutuhan di perlukan dalam hal berkepentingan.
C. Tujuan
Sistem Pemasaran:
- untuk meningkatkan konsumsi yang maksimal dari masyarakat.
- meningkatkan kepuasan konsumen dengan maksimal.
- memberikan pilihan untuk meningkatkan konsumen maksimum.
- menjamin kualitas hidup konsumen dengan maksimum.
D. Cara
untuk memajukan pasar jasa:
Dengan cara promosi secara input
maupun output, contohnya mengunggah disitus internet atau pasang iklan, pasang poster yang
menarik supaya konsumen bisa tertarik dan
berikan suatu hal yang berbeda, unik dsb. Misalnya dalam hal- hal seperti, fasilitas yang ada di bus travel
seperti ada AC, ada TV, DVD jika jam perjalanan
jauh ditersediakannya sneak. Selain fasilitasnya kenyamanan pada konsumen harus
diutamakan, dan juga memuaskan konsumen dengan biaya yang setera serta menjamin
kualitas dari tenaga kerja tersebut.
E. Tujuan Sistem Pemasaran:
Ada empat alternatif dari sistem
pemasaran, yaitu :
- Memaksimumkan Konsumsi Pekerjaan
Pemasaran adalah untuk memberikan
kemudahan konsumsi secara maksimum, yang akan menyajikan suatu kesempatan
kerja, dan kemakmurkan maksimum.
- Memaksimumkan Kepuasan Konsumen
Tujuan sistem pemasaran lain
adalah memaksimumkan kepuasan konsumen, bukan konsumsi. Tetapi mengukur
kepuasan konsumen tidak mudah, belum adanya tolak ukur kepuasan dari produk pada yang individu, kepuasan jasa yang baik diimbangi oleh kejelekkan dari
pencemaran lingkungan, kepuasan yang akan diterima oleh sesorang tergantung
dari sedikit atau banyaknya orang lain yang memiliki barang tersebut.
- Memaksimumkan Mutu Hidup
Anda harus bias memberikan
kebijakan didalamnya kualitas, kuantitas, ketersediaan, dan harga pokok barang;
mutu lingkungan fisik; dan mutu lingkungan kultur.
F. Beberapa faktor-faktor yang dipengaruhi strategi pemasaran, berikut:
- Faktor mikro, yaitu perantara pemasaran, pemasok, pesaing dan masyarakat.
- Faktor makro, yaitu demografi/ekonomi, politik/hukum, teknologi/fisik dan sosial/budaya.
SUMBER