Rabu, 09 Oktober 2013

PEMASARAN JASA




Pengertian Pasar Jasa yaitu dimana suatu kegiatan untuk bertemunya si penjual jasa dengan konsumen. Pasar jasa adalah pasar yang menjual produknya dalam bentuk penawaran jasa atas suatu kemampuan tenaga kerja. Jasa tidak dapat ditentukan dan dilihat secara fisik karena waktu pada saat dihasilkan bersamaan dengan waktu mengkonsumsinya pun akan berbeda. Pengertian permasaran dapat dikemukakan menurut pendapat Alex S. Nitisemito (2003:134)  berpendapat: “Adanya suatu usaha pemasaran untuk mempengaruhi konsumen dalam bentuk tulisan, gambar, suara atau kombinasi dari semuanya itu yang diarahkan pada masyarakat secara luas dan secara tidak langsung.” Sedangkan menurut Philip Kotler, Gary Amstrong (2006:147) berpendapat: “Permasaran  adalah setiap bentuk penyajian dan promosi bukan pribadi yang dibayar mengenai gagasan, barang atau jasa oleh sponsor yang teridentifikas.” Saya akan membahas beberapa point penting saja yang diterpkan dalam pasar jasa. Contohnya seperti tenaga kerja yang ada di Rumah Sakit yang menjual jasa kesehatan atau pangkalan Ojek yang menawarkatn jasa transportasi sepeda motor, dan lain sebagainya.

  A. Contoh pemasaran jasa yaitu:

Pada umunya pasar jasa adalah kebutuhan kita untuk mengurus atau membantu suatu kepentingan. Contonnya seperti jasa telekomunikasi, Jasa pendidikan, Jasa perbankkan, Jasa konsultasi, Jasa pariwiasata, Jasa kurir dsb.

   B. Konsep-konsep Inti Pemasaran jasa:

  1. Kebutuhan merupakan suatu keadaan yang dirasakanya ketidak puasan tertentu yang bersifat ada, terletak dalam tubuh dan kondisi manusia itu sendiri.
  2. Keinginan merupakan kehendak yang kuat untuk memuaskan secara spesifik terhadap kebutuhan-kebutuhan yang lebih mendalam untuk konsumen. 
  3. Permintaan merupakan keinginan terhadap jasa tertentu yang didukung oleh suatu kemampuan dan kemauannya . 
  4. Nilai merupakan  konsumen terhadap kapasitas produk atu fasillitas secara keseluruhan untuk memuaskan kebutuhannya. 
  5. Konsumen merupakan raja atau yang membutuhkan jasa untuk memenuhi kebutuhan di perlukan dalam hal berkepentingan.
    
      C. Tujuan Sistem Pemasaran:
  •      untuk meningkatkan konsumsi yang maksimal dari masyarakat.
  •      meningkatkan kepuasan konsumen dengan maksimal.
  •      memberikan pilihan untuk meningkatkan konsumen maksimum.
  •      menjamin kualitas hidup konsumen dengan maksimum.
  
      D.  Cara untuk memajukan pasar jasa:

Dengan cara promosi secara input maupun output, contohnya mengunggah disitus  internet atau pasang iklan, pasang poster yang menarik supaya konsumen bisa tertarik  dan berikan suatu hal yang berbeda, unik dsb. Misalnya dalam  hal- hal  seperti, fasilitas yang ada di bus travel seperti ada AC, ada TV, DVD jika  jam perjalanan jauh ditersediakannya sneak. Selain fasilitasnya kenyamanan pada konsumen harus diutamakan, dan juga memuaskan konsumen dengan biaya yang setera serta menjamin kualitas dari tenaga kerja tersebut.
  

  E.  Tujuan Sistem Pemasaran:

Ada empat alternatif dari sistem pemasaran, yaitu :
  •        Memaksimumkan Konsumsi Pekerjaan
Pemasaran adalah untuk memberikan kemudahan konsumsi secara maksimum, yang akan menyajikan suatu kesempatan kerja, dan kemakmurkan maksimum.
  •      Memaksimumkan Kepuasan Konsumen
Tujuan sistem pemasaran lain adalah memaksimumkan kepuasan konsumen, bukan konsumsi. Tetapi mengukur kepuasan konsumen tidak mudah, belum adanya tolak ukur  kepuasan dari produk pada yang  individu, kepuasan  jasa yang baik diimbangi oleh kejelekkan dari pencemaran lingkungan, kepuasan yang akan diterima oleh sesorang tergantung dari sedikit atau banyaknya orang lain yang memiliki barang tersebut.
  •        Memaksimumkan Mutu Hidup
Anda harus bias memberikan kebijakan didalamnya kualitas, kuantitas, ketersediaan, dan harga pokok barang; mutu lingkungan fisik; dan mutu lingkungan kultur.

   F. Beberapa faktor-faktor yang dipengaruhi strategi pemasaran, berikut:

  •  Faktor mikro, yaitu perantara pemasaran, pemasok, pesaing dan masyarakat.
  • Faktor makro, yaitu demografi/ekonomi, politik/hukum, teknologi/fisik dan sosial/budaya.




SUMBER