Rabu, 30 Oktober 2013

Berbisnis Kue Kering


       Bisnis KUE KERING? waaaaw.. tentu sangat menjanjikan. Beberapa pembisnis kue yang ditemui Majalah Wirausaha dan Keuangan pun menceritakan bagaimana suka citanya berbisnis kue yang sudah  digelutinya. Mulai dari pasar yang luas, permintaan yang terus tak pernah putus, hingga kebanjiran order seperti menjelang hari raya, liburan atau tahun baru. Memulai bisnis Kue kering merupakan bisnis yang tepat bagi anda karena ada banyak berbagai model pasarnya, mulai dengan pemesanan untuk acara-acara, dikonsumsi sendiri atau pada waktu hari raya. Untuk itu Bisnis kue kering menjadi prospek yang lumayan menjanjikan. Ada banyak keuntungan dalam berbisnis kue kering ini salah satunya adalah bisa bertahan cukup lama hingga mencapai satu tahun. Berbisnis makanan Kue kering, sebenarnya sangat menguntungka. Tetapi kue kering termasuk bisnis yang musiman, jika ada hari raya sangat ramai sekali peminat, sedangkan dihari- hari biasa peminat pun berkurang. Tapi balik lagi ke si pembisnis, jika dia membuat suatu makanan yang unik, kreatif, rasnya juga enak, memodifikasi makan yang sebelumnya, itu bisa jadi penunjang agar si pembeli tertarik pada kreasi – kreasi yang telah anda persembahkan. 
            Para pembisnis juga harus bisa memanjakan para pecinta Kue kering dengan cita rasa khas, karena merekalah yang akan menjadi pemasar ulung dengan mengungkapkan kekhasan rasanya kepada setiap masing –masing orang yang ditemuinya. Mereka bisa bilang apa saja tentang kue yang enak disantap dan mengatakan hal-hal yang positif tentang produk anda. Nah itulah yang terpenting yang harus diperhatikan. Jika ditanya omzet, tentu tak sedikit bisnis aneka kue, baik kue kering maupun kue basah beromzet miliaran. Bahkan  bisnis kue telah menjadi industry yang sangat menggiurkan.

 

Hal- hal yang perlu diperhatikan dalam berbisnis:
  •  Konsisten dan terus mengmbangkan cita rasa yang enak dan unik serta kreasi- kreasinya agi lebih menarik. Agar kue kering anda bisa menjadi pembeda dengan yang lain dan mempunyai ciri khas tersendiri dari yang lain.
  •  Menjaga kualitas, meskipun harga bahan baku langka atau naik.
  •  Menciptakan pemasaran atau pelayanan yang baik.
  • Dianjurkan membuat kue yang sehat dan menggunakan bahan-bahan yang sesuai untuk makanan.
  •  Kemasan yang menarik.
  • Melakukan promosi secara online seperti, twitter, facebook, iklan, radio, media cetak, kartu nama, instalgram dan lain- lain.

   Ada beberapa hal untuk menjadikan kue kering menjadi bisnis yang berkelanjutan buakan yang musiman :

1. Buat kemasan kecil
 
 Kue kering memang identik dengan kue hari raya. Saat hari raya, kue-kue ini biasanya dihadirkan dalam ukuran wadah yang cukup besar. Sedangakan ketika dihari biasa, konsumsi kue kering memang lebih sedikit. Maka, kita bisa siasati dengan menghadirkan kue-kue ke dalam wadah yang  berukuran kecil. Contoh  dalam satu toples kecil ini hanya diisi dengan 7-14 potong kue. Ketika dikonsumsi harian, pelanggan hanya ingin kue yang tak terlalu banyak isinya (dalam satu wadah) sehingga tak bosan ketika dinikmati sebagai teman minum teh atau kopi. Selain itu, ini juga dilakukan untuk menyiasati harga jual kue.

2. Inovasi produk
Pasti bosan kan makan kue yang itu-itu saja? Lakukan beberapa inovasi terhadap produk-produk yang dijual. Gunakan daya imajinasi dan kreativitas Anda untuk menghadirkan kue-kue yang unik dan belum ada di pasaran. Seperti kue nastar dahulu kurang begitu diminati tetapi sekarang, karena kreasi- kreasi pembuat kue kering jadi banyak peminat yang ingin membelinya.

3. Inovasi bahan
Selain inovasi jenis produk, Anda juga harus berinovasi dengan bahan-bahan yang digunakan. Membuat kue kering tak harus pakai tepung terigu, tapi Anda juga bisa memakai tepung gandum, tepung ganyong, tepung ubi, dan lain-lainnya. Tapi ada baiknya jika anda memakai bahan khas penjualan di toko anda, jadi rasa khasnya tidak beda. Jika anda ingin membuat kresi, sebaiknya anda jangan mengganti rasanya.

4. Lihat tren pasar
Ketika memutuskan untuk menjual kue kering, lihat dulu tren pasarnya. Kebanyakan masyarakat Indonesia lebih menyukai kue-kue yang bercita rasa asin. Tetapi ada juga yang menyukai rasa manis, gurih.

5. Inovasi nama
Nama produk juga turut ambil bagian sebagai tingkat penentu produk tersebut dilirik atau tidak. Berilah nama yang menarik dan unik. Ini trik dagang yang bisa membuat orang yang melihatnya jadi sangat tertarik untuk membelinya.

Sumber: