Pengungkapan
Tanggung Jawab Social (CSR)
Pengungkapan
tanggung jawab sosial perusahaan yang sering juga disebut dengan social
disclosure, corporate social reporting, social accounting (Mathews, 1995)
atau Corporate Social Responsibility (CSR) (Hackston dan Milne, 1996)
merupakan proses pengkomunikasian dampak sosial dan lingkungan dari kegiatan
ekonomi organisasi terhadap kelompok khusus yang berkepentingan dan terhadap
masyarakat secara keseluruhan. Hal tersebut memperluas tanggung jawab
organisasi (khususnya perusahaan), di luar peran tradisionalnya untuk
menyediakan laporan keuangan kepada pemilik modal, khususnya kepada pemegang
saham.
Pengungkapan
informasi CSR yang dilakukan oleh perusahaan akan berbeda- beda tergantung pada
karakteristik dari masing-masing perusahaan. Karakteristik perusahaan merupakan
ciri-ciri khusus perusahaan yang membedakannya dari perusahaan lain.
Karakteristik perusahaan dapat berupa pertumbuhan perusahaan, leverage,
basis perusahaan, jenis industri, serta profil dan karakteristik perusahaan
lainnya. Kepemilikan saham publik (public shareholding) merupakan
proporsi kepemilikan saham yang dimiliki oleh publik/masyarakat terhadap saham
perusahaan. Perusahaan yang mayoritas sahamnya dimiliki oleh publik diduga akan
memberikan pengungkapan CSR yang lebih luas dibandingkan dengan perusahaan yang
sahamnya tidak dimiliki publik.
Contoh
jurnal mengenai pengungkapan tanggung jawab social (CSR):
Jurnal
1
Nama Jurnal
|
Jurnal Ilmu Akuntansi
|
Volume/ Halaman
|
Vol 9 (2)/ 215-230
|
Nama Penulis
|
Atiqah
|
Judul Jurnal
|
Pengaruh Pengungkapan Tanggung Jawab
Social Perusahaan Terhadap Tingkat Pengembalian Saham.
|
Tanggal Jurnal
|
2016
|
Tujuan Penelitian
|
Untuk memperoleh gambaran yang
menyeluruh mengenai pengaruh variabel independen (CSR, risiko dan ROA)
terhadap variable dependen yaitu return saham.
|
Kesimpulan Penelitian
|
Berdasarkan hasil Uji Statistik t
menunjukkan bahwa corporate social responsibility berpengaruh terhadap return
saham. Hasil penelitian ini mendukung hasil penelitian Kim, et al (2014) dan
Cheng dan Yulius (2011). Berdasarkan hasil Uji Statistik t menunjukkan bahwa
risiko berpengaruh terhadap return saham. Hasil penelitian ini mendukung
hasil penelitian Falkenstein (2014) dan Glen et al (2013). Berdasarkan hasil
Uji Statistik t menunjukkan bahwa profitabilitas tidak berpengaruh terhadap earnings
response coefficient perusahaan selama periode pengamatan 2010-2014.
Hasil penelitian ini mendukung penelitian Antasari dan Arfan (2008).
Berdasarkan hasil Uji Statistik t menunjukkan bahwa corporate social
responsibility berpengaruh terhadap return saham melalui risiko selama
periode pengamatan 2010-2014. Hasil penelitian ini mendukung penelitian Kim,
et al (2014) dan Cheng dan Yulius (2011); Falkenstein (2014) dan Glen et al
(2013). Penelitian dengan tema corporate social responsibility,
risiko, profitabilitas dan variabel pemoderasi terhadap return saham di masa
depan diharapkan dapat memberikan hasil penelitian yang lebih berkualitas.
|
Jurnal 2
Nama Jurnal
|
Jurnal Kinerja
|
Volume/ Halaman
|
Vol 12 (1)
|
Nama Penulis
|
Agustya Kurratul Aini
|
Judul Jurnal
|
Pengaruh
Karakteristik Perusahaan Terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial
Perusahaan (CSR) Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di Indeks LQ45 Bursa Efek
Indonesia (BEI).
|
Tanggal Jurnal
|
2015
|
Tujuan Penelitian
|
Untuk mengetahui apakah variable
kepemilikan saham public, leverage, liuiditas,
profitabilitas dan growt
memperengaruhi (CSR).
|
Kesimpulan Penelitian
|
· Berdasarkan
hipotesis pertama variabel kepemilikan saham publik tidak memberikan pengaruh
terhadap pengungkapan tanggung jawab perusahaan (CSR) terhadap pengungkapan
tanggung jawab sosial perusahaan (CSR).
· Hasil
pengujian hipotesis kedua variabel leverage yang diukur dengan
menggunakan Debt Equity Ratio (DER) memberikan pengaruh terhadap
pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan (CSR).
· Hasil
pengujian hipotesis ketiga variabel likuiditas yang diukur dengan Current
Ratio (CR) tidak memberikan pengaruh terhadap pengungkapan tanggung jawab
sosial perusahaan (CSR).
· Hasil
pengujian hipotesis keempat variabel profitabilitas yang diukur dengan Return
On equity (ROE) memberikan berpengaruh terhadap pengungkapan tanggung
jawab sosial perusahaan (CSR).
· Hasil
pengujian hipotesis kelima variabel pertumbuhan perusahaan tidak memberikan
pengaruh terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan (CSR), hal ini
menunjukkan bahwa nilai pertumbuhan perusahaan tidak memberikan pengaruh
terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan (CSR).
|
Jurnal 3
Nama Jurnal
|
Jurnal Ekonomi Dan Bisnis
|
Volume/ Halaman
|
Vol 10(2)/ 95-105
|
Nama Penulis
|
1. Titi Suhartati
2. Sabar Warsini
3. Nedsal Sixpria
|
Judul Jurnal
|
Pengaruh
Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Dan Praktik Tata Kelola Perusahaan
Terhadap Nilai Perusahaan.
|
Tanggal Jurnal
|
2011
|
Tujuan Penelitian
|
Untuk menguji hubungan pengungkapan
tanggung jawab social (CSR) dan praktik tata kelola perusahaan terhadap nilai
perusahaan dengan menambahkan variabel ukuran komite audit sebagai proksi
dari mekanisme CG.
|
Kesimpulan Penelitian
|
Hasil penelitian menunjukkan bahwa model regresi yang telah disusun
telah menghasilkan nilai, hasil regresi tersebut menunjukkan bahwa beberapa
variabel Independent mampu menjelaskan variabel dependen sebanyak 62,68%
(Adj.R-squared=0.626830), sisanya dijelaskan oleh variabel Independent
lainnya yang tidak teridentifikasi dalam penelitian ini. Dapat disimpulkan
bahwa:
Pengungkapan Corporate
Social Responsibility (CSR) tidak signifikan berpengaruh terhadap nilai
perusahaan sehingga meskipun memiliki arah positif tetapi variabel independen
ini tidak mempunyai pengaruh terhadap nil.
|
Jurnal 4
Nama Jurnal
|
Jurnal Ilmu STIE MDP
|
Volume/ Halaman
|
Vol 2 (1)
|
Nama Penulis
|
Raisa Pratiwi
|
Judul Jurnal
|
Pengaruh
Tingkat Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial dan Corporate Social
Responsibility dengan Kinerja Keuangan Perusahaan.
|
Tanggal Jurnal
|
2012
|
Tujuan Penelitian
|
Untuk mengetahui pengaruh ukuran
perusahaan dan kepemilikan institusional terhadap pengungkapan tanggung jawab
sosial, serta pengaruh pengungkapan tanggung jawab sosial dan corporate
social responsibility dengan kinerja keuangan perusahaan.
|
Kesimpulan Penelitian
|
Berdasarkan hasil pengolahan data
dapat ditarik kesimpulan bahwa Ukuran perusahaan terbukti berpengaruh
signifikan terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial, sedangkan kepemilikan
institusional tidak berpengaruh signifikan terhadap kepemilikan institusional.
Pengungkapan tanggung jawab sosial terbukti berpengaruh signifikan terhadap
kinerja keuangan perusahaan dan corporate social responsibility tidak
terbukti berpengaruh signifikan terhadap kinerja keuangan perusahaan.
Terdapat dua variabel yang tidak terbukti dalam penelitian ini yaitu
kepemilikan institusional terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial dan corporate
social responsibility terhadap kinerja keuangan perusahaan.
|