Minggu, 04 Juni 2017

3.3 Tugas Pengungkapan dan Pelaporan


Pengungkapan Tanggung Jawab Social (CSR)
Pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan yang sering juga disebut dengan social disclosure, corporate social reporting, social accounting (Mathews, 1995) atau Corporate Social Responsibility (CSR) (Hackston dan Milne, 1996) merupakan proses pengkomunikasian dampak sosial dan lingkungan dari kegiatan ekonomi organisasi terhadap kelompok khusus yang berkepentingan dan terhadap masyarakat secara keseluruhan. Hal tersebut memperluas tanggung jawab organisasi (khususnya perusahaan), di luar peran tradisionalnya untuk menyediakan laporan keuangan kepada pemilik modal, khususnya kepada pemegang saham.
Pengungkapan informasi CSR yang dilakukan oleh perusahaan akan berbeda- beda tergantung pada karakteristik dari masing-masing perusahaan. Karakteristik perusahaan merupakan ciri-ciri khusus perusahaan yang membedakannya dari perusahaan lain. Karakteristik perusahaan dapat berupa pertumbuhan perusahaan, leverage, basis perusahaan, jenis industri, serta profil dan karakteristik perusahaan lainnya. Kepemilikan saham publik (public shareholding) merupakan proporsi kepemilikan saham yang dimiliki oleh publik/masyarakat terhadap saham perusahaan. Perusahaan yang mayoritas sahamnya dimiliki oleh publik diduga akan memberikan pengungkapan CSR yang lebih luas dibandingkan dengan perusahaan yang sahamnya tidak dimiliki publik.
Contoh jurnal mengenai pengungkapan tanggung jawab social (CSR):
Jurnal 1
Nama Jurnal
Jurnal Ilmu Akuntansi
Volume/ Halaman
Vol 9 (2)/ 215-230
Nama Penulis
Atiqah
Judul Jurnal
Pengaruh Pengungkapan Tanggung Jawab Social Perusahaan Terhadap Tingkat Pengembalian Saham.
Tanggal Jurnal
2016
Tujuan Penelitian
Untuk memperoleh gambaran yang menyeluruh mengenai pengaruh variabel independen (CSR, risiko dan ROA) terhadap variable dependen yaitu return saham.
Kesimpulan Penelitian
Berdasarkan hasil Uji Statistik t menunjukkan bahwa corporate social responsibility berpengaruh terhadap return saham. Hasil penelitian ini mendukung hasil penelitian Kim, et al (2014) dan Cheng dan Yulius (2011). Berdasarkan hasil Uji Statistik t menunjukkan bahwa risiko berpengaruh terhadap return saham. Hasil penelitian ini mendukung hasil penelitian Falkenstein (2014) dan Glen et al (2013). Berdasarkan hasil Uji Statistik t menunjukkan bahwa profitabilitas tidak berpengaruh terhadap earnings response coefficient perusahaan selama periode pengamatan 2010-2014. Hasil penelitian ini mendukung penelitian Antasari dan Arfan (2008). Berdasarkan hasil Uji Statistik t menunjukkan bahwa corporate social responsibility berpengaruh terhadap return saham melalui risiko selama periode pengamatan 2010-2014. Hasil penelitian ini mendukung penelitian Kim, et al (2014) dan Cheng dan Yulius (2011); Falkenstein (2014) dan Glen et al (2013). Penelitian dengan tema corporate social responsibility, risiko, profitabilitas dan variabel pemoderasi terhadap return saham di masa depan diharapkan dapat memberikan hasil penelitian yang lebih berkualitas.

Jurnal 2
Nama Jurnal
Jurnal Kinerja
Volume/ Halaman
Vol 12 (1)
Nama Penulis
Agustya Kurratul Aini
Judul Jurnal
Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (CSR) Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di Indeks LQ45 Bursa Efek Indonesia (BEI).
Tanggal Jurnal
2015
Tujuan Penelitian
Untuk mengetahui apakah variable kepemilikan saham public, leverage, liuiditas, profitabilitas dan growt memperengaruhi (CSR).
Kesimpulan Penelitian
·      Berdasarkan hipotesis pertama variabel kepemilikan saham publik tidak memberikan pengaruh terhadap pengungkapan tanggung jawab perusahaan (CSR) terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan (CSR).
·      Hasil pengujian hipotesis kedua variabel leverage yang diukur dengan menggunakan Debt Equity Ratio (DER) memberikan pengaruh terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan (CSR).
·      Hasil pengujian hipotesis ketiga variabel likuiditas yang diukur dengan Current Ratio (CR) tidak memberikan pengaruh terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan (CSR).
·      Hasil pengujian hipotesis keempat variabel profitabilitas yang diukur dengan Return On equity (ROE) memberikan berpengaruh terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan (CSR).
·      Hasil pengujian hipotesis kelima variabel pertumbuhan perusahaan tidak memberikan pengaruh terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan (CSR), hal ini menunjukkan bahwa nilai pertumbuhan perusahaan tidak memberikan pengaruh terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan (CSR).

Jurnal 3
Nama Jurnal
Jurnal Ekonomi Dan Bisnis
Volume/ Halaman
Vol 10(2)/ 95-105
Nama Penulis
1. Titi Suhartati
2. Sabar Warsini
3. Nedsal Sixpria
Judul Jurnal
Pengaruh Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Dan Praktik Tata Kelola Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan.
Tanggal Jurnal
2011
Tujuan Penelitian
Untuk menguji hubungan pengungkapan tanggung jawab social (CSR) dan praktik tata kelola perusahaan terhadap nilai perusahaan dengan menambahkan variabel ukuran komite audit sebagai proksi dari mekanisme CG.
Kesimpulan Penelitian
Hasil penelitian menunjukkan bahwa model regresi yang telah disusun telah menghasilkan nilai, hasil regresi tersebut menunjukkan bahwa beberapa variabel Independent mampu menjelaskan variabel dependen sebanyak 62,68% (Adj.R-squared=0.626830), sisanya dijelaskan oleh variabel Independent lainnya yang tidak teridentifikasi dalam penelitian ini. Dapat disimpulkan bahwa:
 Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) tidak signifikan berpengaruh terhadap nilai perusahaan sehingga meskipun memiliki arah positif tetapi variabel independen ini tidak mempunyai pengaruh terhadap nil.

Jurnal 4
Nama Jurnal
Jurnal Ilmu STIE MDP
Volume/ Halaman
Vol 2 (1)
Nama Penulis
Raisa Pratiwi
Judul Jurnal
 Pengaruh Tingkat Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial dan Corporate Social Responsibility dengan Kinerja Keuangan Perusahaan.
Tanggal Jurnal
2012
Tujuan Penelitian
Untuk mengetahui pengaruh ukuran perusahaan dan kepemilikan institusional terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial, serta pengaruh pengungkapan tanggung jawab sosial dan corporate social responsibility dengan kinerja keuangan perusahaan.
Kesimpulan Penelitian
Berdasarkan hasil pengolahan data dapat ditarik kesimpulan bahwa Ukuran perusahaan terbukti berpengaruh signifikan terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial, sedangkan kepemilikan institusional tidak berpengaruh signifikan terhadap kepemilikan institusional. Pengungkapan tanggung jawab sosial terbukti berpengaruh signifikan terhadap kinerja keuangan perusahaan dan corporate social responsibility tidak terbukti berpengaruh signifikan terhadap kinerja keuangan perusahaan. Terdapat dua variabel yang tidak terbukti dalam penelitian ini yaitu kepemilikan institusional terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial dan corporate social responsibility terhadap kinerja keuangan perusahaan.